Tips Kulit, Rambut dan Kuku Sehat


Rambut, kuku dan kulit merupakan tiga aset kecantikan fisik perempuan. Perawatan dilakukan untuk menjaga kondisinya tetap menarik dan maksimal. Tidak hanya dari luar, tentunya perawatan dari dalam juga perlu, yakni dengan memperhatikan asupan nutrisi di dalam tubuh. Jika memilih-milih makanan terasa merepotkan, bisa mulai dulu dengan minuman. Karena faktanya, ada jenis minuman yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga rambut, kulit, dan kuku.

Nah, mari simak minuman yang dapat buat rambut berkilau, kulit sehat, dan kuku kuat.1

  1. Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau merupakan kekuatan menangkal penuaan kulit, seperti kulit kendur, keriput, dan kulit rusak akibat terbakar sinar matahari. Teh hijau juga mampu meningkatkan regenerasi sel kulit. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan vitamin C dan E pada teh hijau dapat membuat rambut lebih panjang dan lembut, serta mencegah kerontokan. Teh hijau dapat pula dijadikan rendaman untuk kuku, dengan manfaat mengurangi warna kuku yang menguning akibat penggunaan cat kuku.

  • Jus Jeruk

Enak di lidah, baik juga untuk dijadikan perawatan. Ternyata, jus jeruk bisa digunakan untuk membilas rambut agar sisa produk yang masih menempel di kulit kepala meluruh. Hasilnya rambut menjadi super lembut dan berkilau. Selain bermanfaat bagi rambut, jeruk juga dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat karena kandungan asam citrus pada jeruk sangat efektif membersihkan kotoran dan bakteri pemicu jerawat. Untuk kuku, jeruk juga memiliki manfaat. Coba rendam kuku Anda di campuran jus jeruk dan potongan bawang putih untuk membuatnya kuat dan lebih bersih.

Masih merasa kurang dengan pilihan minuman di atas? Anda juga bisa tambahkan asupan nutrisi yang lain agar kesehatan kulit tetap terjaga, rambut sehat dan berkilau, serta kuku menjadi kuat.2

  1. Biotin/ Vitamin H

Biotin, atau yang lebih dikenal dengan vitamin H bisa memperbaiki kondisi rambut bercabang dan menipis, sekaligus menguatkan kuku yang mudah rapuh. Dikutip dari Woman's Day, Nina Dibona, konsultan diet dan nutrisionis, "Kekurangan biotin bisa mengakibatkan rambut rapuh dan pecah-pecah, juga kerontokan."

Jadi, rajinlah mengonsumsi pisang, kacang-kacangan, kembang kol, telur dan salmon untuk mencukupi kebutuhan biotin setiap hari.

  • Asam Lemak Omega-3

Agar rambut berkilau, konsumsi lebih banyak Omega-3 dalam menu makan Anda. Omega-3 membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut lebih subur dan bercahaya. Nutrisi ini juga melindungi lapisan epidermis kulit yang mengandung keratin dan dapat menyimpan kandungan air sehingga kulit tetap lembab.

Omega-3 terdapat dalam telur, salmon, sarden, bayam, dan ikan tuna.

  • Vitamin A

Ternyata selain untuk kesehatan mata dan sistem imunitas, vitamin A juga bekerja membantu produksi sebum atau minyak alami yang berfungsi membuat rambut terasa sehat dan tidak mudah rontok.
Untuk rambut yang kuat dan sehat, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti brokoli, wortel, telur putih, mangga, oatmeal, bayam dan kentang.

  • Zinc

Merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku. Pada kulit, zinc berfungsi mengontrol hormon penyebab minyak berlebih sehingga bisa digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Pada rambut, zinc membantu pembentukan kolagen sehingga regenerasi rambut menjadi lancar dan dapat mencegah kerontokan. Sementara pada kuku, zinc membantu proses pembentukan kuku baru menjadi kuat dan tidak mudah patah.

Sumber zinc terdapat pada kacang mede, kacang hijau, lobster, kerang dan kacang kedelai.

Perawatan kulit, rambut dan kuku sangat penting kita lakukan bahkan sejak usia muda. Konsumsi makanan bergizi di atas merupakan langkah awal untuk perawatan kulit, rambut dan kuku Anda. Bila perlu, Anda bisa menyempurnakan nutrisi untuk kulit Anda dengan minum Revitiz 1 kapsul sehari setelah makan. Kandungan Biotin, Horsetail extract, Zinc, L-Cysteine dan mineral lainnya dapat membantu memelihara kesehatan kulit Anda.

 

Source : Fimela, Wolipoplifestyle